Artikel


------------------------------------------------------------------------------------

null

Foto: Wisuda LPKN Training Center digelar di Hotel Grand Legi Mataram (Istimewa )

 

LOMBOK INSIDER- Salah satu lembaga pendidikan setingkat dengan Diploma Satu LPKN Training Center atau Lembaga Pendidikan Kompetensi Nasional hari ini melaksanakan wisuda Tahun Akademik 2022/2023.

Sejumlah 258 mahasiswa diwisuda dengan berbagai jurusan. Adapun Ke-258 mahasiswa tersebut merupakan gabungan antara mahasiswa dari LPKN Training Center Bali, LPKN Training Center Mataram dan LPKN Training Center Praya.

Prosesi wisuda dilaksanakan di Hotel Grand Legi Jl. Sriwijaya No. Mataram. Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran asosiasi, industri, lembaga pemerintah maupun swasta.

Di antara jajaran para petinggi asosiasi itu adalah Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi NTB, Kadis Tenaga Kerja Kota Mataram, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mataram, sejumlah asosiasi swasta dari perhotelan dan lainnya.

Kegiatan wisuda diawali dengan pembukaan dan laporan ketua panitia yang sekaligus sebagai Direktur LPKN Training Center Mataram, Ni Luh Gde Nartika Sari Dewi.

Dalam laporannya, Direktur LPKN menyebutkan jika sebagian besar alumni LPKN Training Center telah diterima bekerja sebelum mereka diwisuda.

Dari tahun ke tahun, prosentasenya selalu meningkat, bahkan di tengah covid-19 melanda peningkatan jumlah mahasiswanya diterima bekerja di berbagai instansi dan industri kian bertambah.

Itu sebabnya ada beberapa di antara mereka yang tidak menghadiri kegiatan ini, ada yang baru diterima bekerja, ada yang sudah sebulan dan mereka belum bisa diberikan ijin dari tempat bekerja untuk menghadiri prosesi ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ibu Dewi panggilan akrab Direktur LPKN Training Center ini.

Dalam kesempatan itu juga, Ibu Dewi menuturkan jika tahun ini, alumni LPKN Training Center mengirim sejumlah 38 alumni untuk bekerja di Turki, Qatar dan Dubai.

Ke-38 orang mahasiswa itu telah diterima bekerja bahkan sebelum mereka lulus dari LPKN Training Center. 

Tentu hal ini merupakan trend positif jika LPKN Training Center mampu mengantarkan alumninya terjun di dunia usaha.

Ibu Dewi mengurai jika LPKN Training Center merupakan lembaga tempat menempa wirausaha muda mandiri, selain yang sudah bekerja. 

Ini pastinya merupakan capaian yang luar biasa. Bahkan mereka bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. 

Pada kesempatan itu, Direktur LPKN Training Center mengungkapkan jika lembaga yang dipimpinnya tersebut dipercaya oleh pemerintah untuk kartu program kerja, membina, melatih secara nasional sebanyak 9000 alumni, khususnya di tahun 2023.

Untuk diketahui, bahwa LPKN Training Center sudah hadir di beberpa kota di Provinsi yang ada di tanah air. Seperti di Surabaya, Makassar, Kupang, Bali dan Lombok.

Alumninya juga bukan hanya dari Lombok atau seputaran NTB saja, tetapi sudah mulai merambah ke kota-kota besar seperti Jakarta dan lainnya.

Ke depannya, pihaknya akan membangun jejaring yang lebih luas lagi, sehingga LPKN Training Center bisa badir dan calon mahasiswa bisa ditempa dan dibina di lembaga ini.

Namun dari semua keberhasilan itu, menurut Ibu Dewi peran penting instruktur LPKN Training Center yang luar biasa dalam membimbing semua mahasiswa dengan sepenuh hati, tidak bisa dinafikan.

Sebagai informasi tambahan, Ibu Dewi mengungkapkan bahwa beberapa wisudawan dan wisudawati khusus datang dari Bali- Denpasar guna ikut bergabung dengan wisudawan lainnya.

Tak lupa Direktur LPKN Training Center Mataram berterima kasih kepada orang tua mahasiswa karena telah mempercayakan lembaga untuk mendidik putra putri mereka.

Terimakasih pula kepada orang tua yang telah dengan tulus memberikan ijin kepada putra-putrinya untuk bekerja ke LN dan dengan sabar menyiapkan putra-putrinya dalam kegiatan magang.

Demikian pula Direktur LPKN Training Center tak lupa berterima kasih kepada lembaga pemerintah, asosiasi, jajaran sekolah atas sinergi yang terjalin selama ini.

Terima kasih pula untuk para asosiasi, industri, perusahaan serta lembaga pemerintah dan swasta dalam memberikan masukan terkait kurikulum yang digunakan.

 

Sehingga pihak LPKN Training Center mampu merancang kurikulum yang tepat sasaran dan bernilai guna.

Pertarungan sesungguhnya adalah ketika alumni tamat dari LPKN Training Center. Inilah ujian sesungguhnya (starting point). Seberapa besar para alumni berkomitmen untuk meraih sukses.

Kunci sukses: disiplin tekun dan selalu mengikuti perkembangan informasi karena menciptakan banyak peluang bagi kalian, peluang kerja maupun peluang usaha, tegasnya

Akhirnya selamat kepada wisudawan/ti LPKN Training Center Tahun Akademik 2022/2023 semoga sukses ke depan, dan menjadi pemimpin yang mampu memberi inspirasi dan motivasi bagi orang lain.

 

SUMBER BERITA :

https://www.lombokinsider.com/ntb/15510951369/lpkn-training-center-mataram-wisuda-258-mahasiswa-ternyata-38-di-antaranya-sudah-diterima-bekerja-di-luar-negeri

EDITOR : Editor: Siti Rahmi LI

  • Bagikan