Pramusaji adalah salah satu pekerjaan yang bisa anda pilih untuk memulai berkarir di industri perhotelan dalam negeri maupun luar negeri serta untuk mengisi peluang kerja di Kapal Pesiar.
Jenjang karir di industri perhotelan sangat jelas dan sangat menjanjikan kesuksesan, anda bisa memulai karir dari seorang Pramusaji hingga menjadi seorang General Manager Hotel. Namun untuk bisa berkerja sebagai seorang Pramusaji di hotel yang berbintang 3 keatas dibutuhkan calon tenaga kerja yang kompeten dan professional dalam memberikan layanan pada bidang Food & Beverage Service sehingga sesorang yang ingin bekerja sebagai waiter di hotel berbintang 3 keatas harus mengikuti pendidikan dan pelatihan bidang Food & Beverage Service agar dapat memberikan layanan yang memuaskan kepada tamu di hotel sesuai dengan standar yang berlaku.
Pada Pelatihan ini peserta akan diajarkan dari awal atau dari dasar langkah-langkah pembelajaran dan pelatihan sehingga anda kompeten menjadi seorang Pramusaji di hotel bintang 3 keatas maupun di kapal pesiar.
Tujuan Umum :
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta kompeten sebagai Pramusaji di restaurant dan hotel berbintang, serta kompeten menerima pesanan, meyiapkan, menyajikan makanan dan minuman kepada tamu, sesuai dengan ketentuan atau standar yang berlaku di industry.
Tujuan Khusus :
1. Mampu Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja
2. Mampu melaksanakan etika kerja dan berpenampilan sesuai SOP perusahaan
3. Mampu Mengatur Peralatan makan dan gelas
4. Mampu Mengatur meja dengan linen bersih
5. Menyambut pelanggan, Menyajikan Menu dan Daftar Minuman
6. Memberikan saran tentang pilihan makanan dan minuman
7. Mampu Menerima pesanan makanan dan minuman, dan menyampaikan pesanan ke staf dapur atau bar
8. Menghidangkan makanan dan minuman untuk klien di meja)
9. Mampu Membersihkan Meja dan mengembalikan piring dan alat makan ke dapur
10. Mampu Menyajikan tagihan, Menerima Pembayaran dan mengoperasikan mesin penjualan dan cash register
11. Mampu Menyediakan Layanan Minuman Anggur
12. Mampu Menyajikan minuman non- alcohol
13. Mampu Menyediakan room service
14. Mampu Menghidangkan Cocktail / Alcohol
15. Mampu Mengelola Peralatan dan Perlengkapan
16. Mampu Menangani Pelanggan
17. Mampu Menangani Situasi Konflik
Aspek Kompetensi :
● Pengetahuan ( Knowledge ) :
a. Peserta mampu mencontohkan prosedur kesehatan, keamanan, serta keselamatan di tempat kerja
b. Mampu melaksanakan etika kerja dan berpenampilan sesuai SOP perusahaan
c. Mampu Mengatur Peralatan makan dan gelas
d. Mampu Menyambut pelanggan, Menyajikan Menu dan Daftar Minuman
e. Mampu Memberikan saran tentang pilihan makanan dan minuman
f. Mampu Menerima pesanan makanan dan minuman, dan menyampaikan pesanan ke staf dapur atau bar
g. Mampu Menghidangkan makanan dan minuman untuk klien di meja
h. Mampu Membersihkan Meja dan mengembalikan piring dan alat makan ke dapur
i. Mampu Menyajikan tagihan, Menerima Pembayaran dan mengoperasikan mesin penjualan dan cash register
j. Mampu Menyediakan Layanan Minuman Anggur
k. Mampu Menyajikan minuman non- alcohol
l. Mampu Menyediakan room service
m. Mampu Menghidangkan Cocktail / Alcohol
n. Mampu Mengelola Peralatan dan Perlengkapan
o. Mampu Menangani Pelanggan
p. Mampu Menangani Situasi Konflik
● Keterampilan ( Skill ) :
a. Peserta mampu mencontohkan prosedur kesehatan, keamanan, serta keselamatan di tempat kerja
b. Mampu melaksanakan etika kerja dan berpenampilan sesuai SOP perusahaan
c. Mampu Mengatur Peralatan makan dan gelas
d. Mampu Mengatur meja dengan linen bersih
e. Mampu Menyambut pelanggan, Menyajikan Menu dan Daftar Minuman
f. Mampu Memberikan saran tentang pilihan makanan dan minuman
g. Mampu Menerima pesanan makanan dan minuman, dan menyampaikan pesanan ke staf dapur atau bar
h. Mampu Menghidangkan makanan dan minuman untuk klien di meja
i. Mampu Membersihkan Meja dan mengembalikan piring dan alat makan ke dapur
j. Mampu Menyajikan tagihan, Menerima Pembayaran dan mengoperasikan mesin penjualan dan cash register
k. Mampu Menyediakan Layanan Minuman Anggur
l. Mampu Menyajikan minuman non- alcohol
m. Mampu Menyediakan room service
n. Mampu Menghidangkan Cocktail / Alcohol
o. Mampu Mengelola Peralatan dan Perlengkapan
p. Mampu Menangani Pelanggan
q. Mampu Menangani Situasi Konflik
● Sikap ( Attitude ) :
a. Mampu melaksanakan etika kerja dan berpenampilan sesuai SOP perusahaan
b. Mampu Menangani Pelanggan
c. Mampu Menangani Situasi Konflik
d. Peserta mampu mencontohkan prosedur kesehatan, keamanan, serta keselamatan di tempat kerja
Target Peserta :
1. Para pencari kerja / calon tenaga kerja yang sangat berminat untuk bekerja sebagai pramusaji professional di restaurant atau di hotel yang berbintang
2. Minimal Lulusan SMA/SMK/ Sederajat
3. Usia Minimal 18 tahun dan Maksimal 40 tahun
4. Mampu berkomunikasi dengan baik
5. Mampu mengoperasikan computer
6. Mampu Berbahasa Inggris Secara Aktif
7. Sehat Lahir dan Batin
Metode Pelatihan :
Pelatihan Pramusaji di Hotel Berbintang ( Bauran ) ini menggunakan Metode Hybrid ( Bauran ).
JADWAL WEBINAR :
Setiap Hari Rabu
Pukul : 15.00 – 16.00 WIB
Meeting ID : 811 7374 2880
Passcode : LPKN
Jadwal Konsultasi :
Setiap Hari Rabu
Pukul : 20.00 – 21.00 WITA
Meeting ID : 811 7374 2880
Passcode : LPKN
Pengalaman Kerja : Sheraton Senggigi Beach Resort
Pengalaman Mengajar : LPKN Mataram, Akademi Pariwisata Mataram
Topik Pelatihan (Total: 19) | Materi (Total : 19) | Durasi (414 Menit) |
---|---|---|
1. Pengertian dan Peluang Kerja Food & Beverage Service | 1 Materi | 8.27 Menit |
2. Pengertian Pramusaji dan Syarat untuk menjadi Pramusaji Hotel | 1 Materi | 20.40 Menit |
3. Tugas dan tanggung jawab Pramusaji Hotel dan Restaurant | 1 Materi | 9.52 Menit |
4. Mengetahui dan memahami fungsi dari jenis – jenis peralatan Restaurant | 1 Materi | 53.26 Menit |
5. Teknik membawa gelas, piring dan minuman menggunakan tangan dan nampan ( tray ) | 1 Materi | 9.51 Menit |
6. Melipat Napkin atau Folding Napkin | 1 Materi | 18.37 Menit |
7. Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan makanan dan minuman ( Menu Knowledge ) | 1 Materi | 15.27 Menit |
8. Pengelolaan perlengkapan dan peralatan ( Mise en Place ) | 1 Materi | 8.03 Menit |
9. Menata Meja Makan ( Set Up Table ) | 1 Materi | 29.06 Menit |
10. Menerima pesanan ( Taking Order ) | 1 Materi | 11.51 Menit |
11. Langkah – langkah Melayani Tamu ( Squence of Service ) | 1 Materi | 14.16 Menit |
12. Melayani Room Service, Telepon Manner, dan Tagihan | 1 Materi | 24.57 Menit |
13. Mampu menyediakan layanan minuman anggur | 1 Materi | 9.32 Menit |
14. Mampu menyajikan minuman alcohol dan non alcohol | 1 Materi | 5.11 Menit |
15. Mampu menangani pelanggan | 1 Materi | 11.36 Menit |
16. Menangani situasi konflik | 1 Materi | 4.43 Menit |
17. Mampu melaksanakan etika kerja dan berpenampilan sesuai SOP Perusahaan | 1 Materi | 8.33 Menit |
18. Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan Dan Keamanan Di Tempat Kerja | 1 Materi | 30.15 Menit |
19. WEBINAR SESI 1 – DEMONSTRASI DAN PRAKTEK SQUENCE OF SERVICE | 1 Materi | 120 Menit |