Front Office Hotel adalah pegawai yang memiliki tugas untuk menyapa, melayani, memberikan informasi kepada pengunjung, pelanggan atau pihak yang berkepentingan terkait tujuan yang diinginkan dan Front Office harus bisa menjadi jembatan informasi antara pihak manajemen Hotel dengan tamu tersebut. Seorang Front Office memiliki peran yang penting dalam sebuah Hotel agar dapat memberikan layanan terbaik bagi para tamu Hotel. Setelah mengikuti Pelatihan ini peserta diharapkan dapat Menerima panggilan telepon, dan atau meneruskan ke bagian terkait jika itu ditujukan ke bagian lain. Selain itu juga memberikan informasi melalui telepon jika ada yang menanyakan tentang layanan atau produk dari perusahaan, Menyambut tamu yang datang dan memberikan informasi serta arahan terkait kunjungannya, Melayani keluhan dari pelanggan.
Tujuan Umum :
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta kompeten menjadi seorang Front Office Hotel sesuai dengan standar yang berlaku di perusahaan , dengan memberikan layanan prima.
Tujuan Khusus :
1. Mampu mengetahui tentang Front Office Hotel, Peluang Kerja Dan Karir, Struktur Organisasi Dan Uraian Tugas Tanggungjawab
2. Mampu Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan Dan Keamanan Di Tempat Kerja
3. Mampu Mengembangkan Pengetahuan Tentang Industri Perhotelan
4. Mampu Memperbaharui Pengetahuan Lokal
5. Mampu Mempromosikan Produk Dan Jasa Kepada Pelanggan
6. Mampu Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial Yang Beragam
7. Mampu Menggunakan Bahasa Lisan Untuk Negosiasi Pertukaran
8. Mampu Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
9. Mampu Melakukan Kerjasama Dengan Kolega Dan Pelanggan
10. Mampu Menerapkan Etika Profesi Dan Berpenampilan Sesuai Sop
11. Mampu Memproses Reservasi
12. Mampu Mengoperasikan Sistem Reservasi Komputer
13. Mampu Menyediakan Layanan Akomodasi Reception
14. Mampu Memproses Transaksi Keuangan
15. Mampu Memelihara Catatan Keuangan
16. Mampu Melaksanakan Prosedur Administrasi
17. Mampu Mempersiapkan Laporan Keuangan
18. Mampu Menangani Situasi Konflik
19. Mampu Mengembangkan Lingkungan Yang Aman Bagi Anak- Anak Di Tujuan Pariwisata
20. Mampu Membangun Dan Memelihara Tempat Kerja Yang Aman Mampu Memproses Transaksi Untuk Pembelian Barang Atau Jasa
Metode Pelatihan :
Pelatihan Front Office di Hotel Berbintang ini Menggunakan Metode Hybrid.
Pengalaman Kerja : 1. Il Nido Villa, 2.Lombok Astoria Hotel, 3.Wyndham Sundancer Resort Lombok, 4.Katamaran Hotel and Resort, 5.Sendok Hotel Bar and Restaurant, 6.Pandawa Beach Villa and Resort, 7.Hotel Santika Mataram, 8.Jeeva Bloam Beach Camp, 9.Qunci Villa, 10.The Hill Villas Lombok, Ales Tour and Travel (Airport Rev).
No |
Unit Kompetensi |
Durasi |
1 |
Perkenalan Instruktur |
2.42 Menit |
2 |
Pengetahuan umum front office hotel,peluangkerja dan karir,struktur organisasi dan uraian tugas dan tanggung jawab |
6.55 Menit |
3 |
Mengikuti prosedur kesehatan,keselamatan, dan keamanan di tempat kerja |
|
Mengikuti prosedur kesehatan,keselamatan, dan keamanan di tempat kerja,Bagian I |
7.38 Menit |
|
Mengikuti prosedur kesehatan,keselamatan, dan keamanan di tempat kerja,Bagian II |
3.32 Menit |
|
4 |
Mengembangkan pengetahuan tentang industry perhotelan |
7.10 Menit |
5 |
Memperbaharui pengetahuan lokal |
7.09 Menit |
6 |
Mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan |
7.35 Menit |
7 |
Melakukan kerja dalam lingkungan sosial yang Beragaman |
5.56 Menit |
8 |
Mengunakan Bahasa lisan untuk negosiasi pertukaran |
7.11 Menit |
9 |
Melakukan komunikasi melalui telepon |
7.48 Menit |
10 |
Melakukan kerjasama dengan kolega dan pelanggan |
5.49 Menit |
11 |
Menerapkan etika Profrsi dan Berpenampilan sesuai SOP |
5.57 Menit |
12 |
Memproses Reservasi |
|
Memproses Reservasi Bagian I |
9.37 Menit |
|
Memproses Reservasi Bagian II |
7.01 Menit |
|
13 |
Mengoperasikan Sistem Reservasi Komputer |
9.57 Menit |
14 |
Menyediakan layanan Akomodasi Reception |
|
Menyediakan layanan Akomodasi Reception Bagian I |
9.36 Menit |
|
Menyediakan layanan Akomodasi Reception Bagian II |
8.07 Menit |
|
15 |
Memproses Transaksi Keuangan |
8.12 Menit |
16 |
Memelihara catatan Keuangan |
9.06 Menit |
17 |
Melaksanakan Prosedur Administrasi |
4.32 Menit |
18 |
Mempersiapkan laporan Keuangan |
4.32 Menit |
19 |
Menangani situasi Konflik |
5.32 Menit |
20 |
Mengembangkan Lingkungan yang aman bagi anak-anak di tujuan pariwisata |
6.53 Menit |
TOTAL |
153.47 Menit |