Artikel

Wisuda 258 Mahasiswa, Lulusan LPKN Training Center Bekerja Di Luar Negeri


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

null

Direktur LPKN Training Center Mataram Naktika Sari Dewi memberikan sambutan pada prosesi wisuda 258 mahasiswa-mahasiswi di salah satu hotel di Mataram pada, Rabu (22/11) kemarin. Sejumlah 90 persen lulusan LPKN Training Center Mataram terserap bekerja di perusahaan dalam dan luar negeri. (Suara NTB/cem)

 

Mataram (Suara NTB) – Lembaga Pendidikan Kompetensi Nasional (LPKN) Training Center Mataram mewisuda 258 mahasiswa. Sejumlah 90 persen lulusan telah terserap di dunia kerja dalam dan luar negeri.

Direktur LPKN Training Center Mataram Naktika Sari Dewi, SE.,MM., menyebutkan sejumlah 258 mahasiswa Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) Training Center Mataram mengikuti wisuda pada, Rabu, 22 November 2023. Akan tetapi, tidak semua wisudawan-wisudawati dapat menghadiri acara sakral tersebut, karena 90 persen telah bekerja di dunia industri dan dunia usaha baik dalam maupun luar negeri.
“Dari 258 mahasiswa tidak semua bisa hadir karena sudah diterima bekerja di perusahaan dalam dan luar negeri,” kata Dewi dalam sambutannya.

Prestasi membanggakan ditunjukan 38 mahasiswa-mahasiswi LPKN Training Center Mataram. Mereka diterima bekerja di hotel di Turki, Qatar, dan Dubai. Menurutnya, prestasi ini adalah capaian yang luar biasa karena perusahaan di luar negeri mempercayai mahasiswa-mahasiswa LPKN Training Center Mataram bekerja walaupun belum diwisuda.

Capaian ini sambung Dewi, tidak terlepas dari binaan atau dukungan dunia industri dan dunia usaha yang sepenuh hati memberikan kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswi magang untuk meningkatkan keterampilan.
“Tanpa adanya dukungan relasi dari sekolah dan dunia industri serta dunia usaha memberikan kepercayaan merekomendasikan mahasiswa bisa meraih prestasi dengan bekerja diusia muda dan berwirausaha muda mandiri,” jelasnya.

Selain itu, lulusannya juga banyak menciptakan lapangan pekerjaan dan tidak bergantung mencari pekerjaan di dalam maupun luar negeri. Hal ini juga tidak terlepas dari peran instruktur di LPKN Training Center Mataram serta dukungan dari pemerintah dan asosiasi lainnya.

Dewi menambahkan, pemerintah pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi juga mempercayai LPKN Training Center Mataram sebagai mitra menjalankan program Prakerja. “Kita sudah melatih prakerja sebanyak 9 ribu lebih orang,” sebutnya.

Dewi berpesan kepada wisudawan-wisudawati bahwa LPKN Training Center Mataram adalah mengantarkan sampai gerbang dunia nyata. Pertarungan dan kesuksesan sesungguhnya saat lulus. Oleh karena itu, alumni LPKN Mataram harus disiplin, profesional, dan menunjukan kompetensi untuk meraih kesuksesan.

Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi NTB Najib mengatakan, pola pelatihan dan pendidikan yang dikembangkan oleh LPKN Training Center Mataram menjadi sesuatu yang diharapkan oleh pemerintah. Mahasiswa-mahasiswi dilatih dan dididik sesuai kompetensi dan kebutuhan industri.
Pasca menyelesaikan pendidikan vokasi, mereka siap bekerja di pasar kerja bahkan membuka lapangan pekerjaan sendiri. “Konsep ini sesuai dengan yang diinginkan pemerintah,” kata Najib.

null

Sistem yang dikembangkan dengan membangun kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri sangat tepat. Pasca wisuda bisa langsung terserap bekerja di perusahaan dalam dan luar negeri.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram H. Rudi Suryawan mengapresiasi dari 258 wisudawan dan wisudawati LPKN Training Center Mataram diantaranya 90 persen telah terserap di dunia industri dan dunia usaha. Menurutnya, program yang dikembangkan ini adalah satu satu program yang membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran di Kota Mataram. “Tahun 2023 ini terjadi penurunan pengangguran mencapai 4 ribu,” sebut Rudi.

Disnaker kata Rudi, sangat ketat memberikan izin kepada lembaga pendidikan dan pelatihan. Pihaknya tidak menginginkan pasca pendidikan tidak ada pendampingan selanjutnya.
Namun demikian, LPKN Training Center Mataram menunjukan komitmennya dengan memanfaatkan jejaring baik dalam dan luar negeri. “Lulusannya banyak bekerja di perusahaan luar negeri. Kita sangat bersyukur dan sesuatu yang membanggakan,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Mataram Gusti Ayu Sri Mahakamiati menambahkan, LPKN Training Center Mataram memberikan sumbangsih yang besar dalam membuka peluang kerja bagi masyarakat dan membantu pemerintah dalam penyerapan tenaga kerja. Hal ini terbukti lulusannya banyak bekerja keluar negeri. “Berarti relasinya di dunia industri dan dunia usaha sangat kuat. Sekarang ini banyak kita lihat lulusan S1 banyak yang menganggur. LPKN Mataram walaupun D1 mampu bersaing di dunia kerja,” terangnya. (cem/*)

 

Sumber Berita : Suara NTB
https://www.suarantb.com/2023/11/22/wisuda-258-mahasiswa-lulusan-lpkn-training-center-mataram-bekerja-di-luar-negeri/

  • Bagikan