Artikel


PEMBUKAAN PROGRAM PKK - PLATINUM

DAN TABLE MANNER

Sheraton Senggigi Beach Resort

---------------------------------------------------------------------------------------------

null

Mataram (NTB Satu) – Lembaga Pendidikan Kompetensi Nasional (LPKN) Training Center menggelar Pembukaan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK)-Platinum Bidang Perhotelan pada Senin, 25 September 2023 di Sheraton Senggigi Beach Resort, Lombok.

Direktur LPKN Training Center, Naktika Sari Dewi, SE., MM., mengatakan, program ini merupakan hasil kerja sama dengan Direktorat Kursus dan Pelatihan (Ditsuslat), Ditjen Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI, yang berorientasi pada pengembangan keterampilan kerja bagi penduduk usia produktif agar memiliki kompetensi untuk siap terjun ke dunia kerja di dalam maupun luar negeri.

“Dari sekian ratus lembaga kursus dan pelatihan, pemerintah memberikan kepercayaan LPKN Training Center sebagai penyelenggara program PKK-Platinum untuk Bidang Perhotelan di NTB,” kata Dewi seusai Pembukaan Program PKK-Platinum Bidang Perhotelan, Senin, 25 September 2023.

Terpilihnya LPKN Training Center menjadi salah satu dari 45 lembaga pendidikan sebagai penyelenggara Program PKK-Platinum berdasarkan pada asesmen, yang meliputi kredibilitas lembaga, akreditasi, penilaian kinerja, sarana, dan fasilitas serta ketersediaan mitra.

Adapun Program PKK-Platinum menyasar pada usia sekolah tidak sekolah, artinya mereka yang berada pada usia yang harusnya bersekolah berkisar 17-25 tahun, berada dalam kondisi tidak bekerja dan tidak melanjutkan pendidikannya, karena berbagai alasan seperti kesulitan ekonomi dan sosial.

null

Dewi menuturkan, pelatihan ini terselenggara setiap tahunnya dan pendaftaran dapat diakses melalui website Kemendikbud. Untuk tahun ini, telah terpilih 48 peserta dari 250 pendaftar. Rinciannya, tercatat 21 Perempuan dan 27 laki-laki.

“Peserta yang terpilih akan mendapatkan dua bulan pembekalan teori dan praktek di LKPN Cabang Praya, Lombok Tengah. Selanjutnya, akan ada 6 bulan magang di Industri,” pungkas Dewi.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Yusuf, S.Pd., yang menekankan bahwa statistik jumlah pengangguran di Wilayah Mataram tergolong cukup tinggi.

Oleh karenanya, Yusuf berharap, program ini dapat mengentaskan persoalan tersebut dan meningkatkan kompetensi SDM di daerah ini. “Peserta akan mendapatkan sertifikat kompetensi, ini sangat penting untuk dapat bersaing di dunia profesional,” ujar Yusuf.

null

Pembukaan program dilakukan secara online melalui zoom meeting oleh Direktur Kursus dan Pelatihan, Ditjen Vokasi dan (Kemendikbud Ristek) RI, diwakili oleh Purwanto. Ia mengatakan, bahwa Program PKK-Platinum merupakan salah satu program prioritas nasional, yakni Pendidikan Kecakapan Kerja dan Pendidikan Kewirausahaan.

“Pendidikan Kecakapan Kerja membidik ATS (Anak Tidak Sekolah) yang diperkirakan mencapai 2,1 juta orang. Program ini bersifat gratis. Maka dari itu, peserta yang terpilih harus semangat dan mengikuti sampai tuntas,” tandasnya. (STA/*)

 

SUMBER : NTB SATU

https://ntbsatu.com/2023/09/25/lpkn-training-center-gelar-program-pkk-platinum-bidang-perhotelan-dorong-kualitas-sdm-ntb-kompeten-dan-siap-kerja.html

  • Bagikan